4 Tahun Jokowi - JK, Wiranto: Stabilitas Politik Panas Dingin - lensa batam

Random Posts

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 25 Oktober 2018

4 Tahun Jokowi - JK, Wiranto: Stabilitas Politik Panas Dingin


LensaBatam, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto mengatakan, selama empat tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, stabilitas nasional terjaga dengan baik meski mengalami pasang surut.

"Stabilitas politik naik turun, panas dingin, tapi tidak sampai mendidih," kata Wiranto di Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis, 25 Oktober 2018.

Wiranto mengatakan stabilitas tersebut bisa dilihat dari Indeks Demokrasi Indonesia (IDI). Pada 2015-2016, IDI menunjukkan penurunan dari 72,82 menjadi 70,09. Penurunan ini disebabkan adanya penambahan dua indikator dalam menghitung indeks.

Dalam penghitungan indeks 2015, ada penambahan variabel laporan dan berita penggunaan fasilitas pemerintah untuk kepentingan calon tertentu dalam pemilihan calon legislatif. Selain itu, keterlibatan PNS dalam kegiatan politik pada Pileg juga menjadi tolak ukur. "Tapi, kali ini, pemerintah sudah beri isyarat, ASN jangan gunakan fasilitas negara untuk berkampanye, politik," katanya.

Meski sempat turun di tahun 2015, IDI naik kembali pada 2017 sebesar 2,02 poin. Angkanya menjadi 72,11. Menurut Wiranto, angka tersebut menunjukkan tingkat demokrasi Indonesia dalam kategori sedang.
Sumber:Tempo.c

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here